Bisnis Online Harus Dimulai Dari Mana?

Pertanyaan ini merupakan kebingungan yang umum terjadi serta dialami para pemula yang baru memulai memanfaatkan internet untuk berbisnis, atau masyarakat umumnya lebih mengenal sebagai bisnis online.

Mengapa kebingunan harus dimulai dari mana bisa terjadi ? jika ditelaah lebih lanjut, kebingunan ini terjadi bisa saja karena :

1. Tidak memiliki produk sendiri baik berupa barang dan jasa fisik yang mau dipasarkan secara online dan ingin memiliki sumber penghasilan tambahan dari Internet.

2. Tidak memiliki produk sendiri tapi sudah mengetahui informasi untuk menghasilkan pendapatan tambahan baik dalam mata uang Rupiah maupun Dolar seperti mengikuti program Affiliasi, Google Adsense, Dropship, Reseller dan lain-lain namun belum tahu sistem dan cara kerjanya.

3. Atau, memang seorang pelaku usaha yang sudah memiliki produk namun masih mengandalkan jalur distribusi untuk memasarkan produknya (Marketing Before Google). Sekarang sudah taubat serta menyadari perubahan perilaku konsumen yang terjadi setelah datangnya era Google (Marketing After Google) yang secara drastis telah mengubah dunia pemasaran dan tidak ingin kesempatan bisnisnya lebih banyak jatuh ketangan kompetitor yang telah terlebih dahulu memanfaatkan internet namun tidak mengerti teknisnya.

Nah, dari ketiga kondisi yang umum terjadi ini, sekarang tinggal dianalisa saja, dari ketiga kondisi tersebut kira-kira Anda termasuk dari bagian yang mana?

Jika ternyata kondisi 1 (Satu) yang terjadi, maka sebaiknya bisnis online yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan memulai menjualkan produk (Barang dan Jasa) fisik milik orang lain atau produsen. Anda bisa kerjasamakan dengan pemilik produk untuk dapat memenuhi pesanan online Anda dengan sistem komisi atau dibayarkan lunas berdasarkan orderan.

Jika kondis 2 (Dua) yang terjadi, maka sebaiknya mulailah belajar mengenal lebih dalam dan cara kerja sistemnya, karena untuk menjadi mitra atau pertner biasanya dibutuhkan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi. Sebagai langkah awal Anda belajar, mulailah bergabung dengan forum-forum yang membahasnya, sebagai contoh Anda ingin menekuni Google Adsense sebagai sumber pendapatan, maka Anda bisa bergabung dengan forum Ads.id dan sejenisnya atau dapat belajar kepada para pemain-pemain senior yang biasanya tergabung dalam komunitas-komunitas blogger.

Jika kondisi 3 (Tiga) yang terjadi, tentu sangat mudah bagi Anda untuk melakukannya, utus orang terpecaya untuk mengikuti pelatihan-pelatihan SEO (Search Engine Optimation) dan Intenet Marketing atau Anda dapat mengundang orang yang berkompeten dibidangnya untuk memberikan semacam in house training.

Dari ketiga kondisi di atas, penekanannya adalah pemanfaatan media internet untuk menunjang bisnis. Mulailah memfamiliarkan pengunaan media-media internet seperti CMS (Content Management System), Marketplace, Social Media, Google Search Engine dan lain sebagainya.

Dilihat dari faktanya, berdasarkan servey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), tercatat bahwa pengguna internet Indonesia sudah mencapai angka 132,7 juta dari total populasi penduduk Indonesia 256,2 juta orang. Perangkat yang digunakan untuk mengakses internet : mobile sebanyak 63,1 juta (47,6%), mobile dan komputer 67,2 juta (50,7%) dan komputer saja 2,2 juta (1,7%).

Mereka mencari informasi terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli untuk memenuhi kebutuhan sesuai pertimbangannya, jadi perilaku konsumen Indonesia telah berubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *