Cara Mudah Atasi Error Establishing A Database Connection Lewat Browser

Pernahkan Anda suatu ketika saat akan mengakses halaman depan website maupun Dashboard WordPress Anda tiba-tiba mendapati pesan error “Error Establishing A Database Connection” pada web browser?

Maka biasanya bagi pengguna WordPress yang tidak begitu faham dengan masalah ini akan mengalami kepanikan kemudian mencoba mengatasinya dengan langkah pertama yaitu dengan melakukan Googling dan mengetikkan kata kunci “Cara Atasi Error Establishing A Database Connection” atau mengambil langkah selanjutnya dengan mengontak bagian technical support shared hosting.

Memang ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan error ini, diantaranya informasi kredensial database salah atau telah diubah, server database tidak responsif, database rusak, atau bisa juga karena kesalahan pada server.

Dua langkah berikut dapat Anda ikuti untuk melakukan deteksi terlebih dahulu guna memastikan dengan pasti penyebabnya serta cara penangannya.

Pertama, jika kesalahan yang sama (Error Establishing A Database Connection) terjadi saat Anda mengakses halaman utama website dan halaman Backend (WP-ADMIN). Asumsinya jika informasi kredensial database tidak mengalami perubahan, maka database tepatnya tabel database ada yang rusak (Corrupt).

Kedua, jika muncul kesalahan yang berbeda pada saat mengakses Backend (WP-ADMIN) seperti pesan error “One or more tables database not available” maka indikasinya ada salah satu tabel atau lebih pada database tidak tersedia atau hilang.

Kasus Error Establishing A Database Connection lebih sering disebabkan database mengalami kerusakan atau Corrupted karena seringnya install/uninstall plugin-plugin maupun theme yang tidak kompatibel satu dengan yang lainnya.

Maka untuk memperbaiki kerusakan tersebut dapat dilakukan dengan merepair dan mengoptimized database melahui web browser, caranya edit wp-config.php melalui file manager pada cpanel Anda kemudian tambahkan perintah berikut :

define('WP_ALLOW_REPAIR', true);

Simpan wp-config.php yang sudah diupdate kemudian selanjutnya dapat dilakukan autorepair dan optimized database dengan mengakses URL https://blogsaya.com/wp-admin/maint/repair.php pada web browser.

Cara Mudah Atasi Error Establishing A Database Connection Lewat Browser

Autorepair dan Optimized Database membutuhkan proses beberapa saat dan akan membebani load pada website, jadi pastikan setelah melakukan autorepair dan optimized sebaiknya nonkatifkan kembali pada wp-config.php sekaligus untuk mencegah pengaksesan oleh pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *