Cegah Hasil Crawl Googlebot Dengan Meta Tag ‘Noindex’

Jika sebelumnya telah dibahas cara hapus indeks tak diperlukan di Google Search, hampir serupa dan bertujuan sama. Paparan kali ini akan membahas cara mencegah Googlebot agar tidak menampilkan hasil Crawl pada laman Google Search untuk laman-laman tertentu saja.

Perbedaan mendasar, mencegah Googlebot menampilkan hasil Crawl dengan menggunakan Meta Tag ‘Noindex’ lebih mudah dilakukan karena tidak memerlukan akses root ke server web, cukup disetting melalui Dashboard Admin WordPress saja.

Syarat utama untuk dapat menerapkan penggunaan Meta Tag Noindex adalah akses Googlebot ke konten utama (Post dan Page) tidak diblock pada file robots.txt

Setting selanjutnya akan memudahkan jika WordPress telah terinstall Plugin SEO seperti Yoast SEO, All In One SEO atau yang lainnya, pada panduan ini menggunakan Plugin YOAST SEO.

Mari kita mulai, pada prinsipnya mencegah Googlebot agar tidak menampilkan hasil Crawl pada Google Search merupakan Meta Tag Noindex yang disematkan pada Header laman atau dalam Tag <head>.

Laman nantinya akan menampilkan informasi Header Noindex pada saat Googlebot melakukan Crawl dan menginstruksikan agar tidak menampilkan laman tersebut dalam hasil penelusuran.

Berikut Meta Tag Noindex yang dapat Anda sematkan di bagian tag <head> pada laman tertentu saja secara manual :

Jika menginginkan untuk semua mesin perayap (Tidak hanya perayap Google), rubah googlebot menjadi robots.

Selanjutnya, untuk pengguna WordPress tidak perlu melakukan setting Meta Tag noindex secara manual. Silahkan login ke WP Admin, pilih Menu Post atau Page kemudian Add New.

Meta Tag Noindex

Tampak seperti gambar di atas, pilih Advanced pada Yoast SEO. Terdapat pilihan index dan noindex pada opsi Meta robots index, pilih noindex untuk mengaktifkan Meta Tag Noindex.

Saran, gunakan Meta Tag Noindex untuk laman Page tertentu saja seperti Kontak, About dan lain sebagainya. Laman-laman tersebut kurang bermanfaat dalam mengenerated traffic.

2 thoughts on “Cegah Hasil Crawl Googlebot Dengan Meta Tag ‘Noindex’”

  1. Apakah dengan adanya meta tag yang seperti itu menyebabkan masalah cakupan indeks pada semua halaman saya ?, sebab sejauh ini website saya belum terindeks oleh google sama sekali.
    Atau memang ada kesalahan pada postingan saya ?, karena URL yaang dikirim semuanya di tandai no indeks.
    bagaimana pemecahan masalahnya ?.
    Terimakasih.

    1. Mengaktifkan meta no indek menggunakan plugin Yoast SEO sebaiknya untuk laman Post/Page tertentu saja yang dirasa kurang diperlukan untuk mengenerated traffic namun penting untuk blog.

      Melihat kasus Bapak yang kesemua URL ditandai sebagai no indek, berarti menginstruksikan kepada Google Bot untuk tidak mengindeknya, ini merupakan kekeliruan jika itu merupakan konten utama. Sebaiknya dirubah menjadi indek.

      Pastikan juga URL telah tersubmit ke Google https://www.google.co.id/intl/id/add_url.html dan terverifikasi di Search Console https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url untuk membantu proses pengindekan.

      Semoga membantu….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *