Hapus Cache Pada Google Pagespeed

Sebelumnya diucapkan Terima Kasih kepada para mitra yang telah mempercayakan setup dan konfigurasi servernya kepada kami.

Panduan hapus cache Google Pagespeed ini ditujukan kepada mitra kami khususnya dan tentu juga untuk Anda sekalian pengguna modul tersebut pada umumnya .

Selain Varnish, salah satu cache tools hebat yang terintegrasi langsung dengan web server adalah Modul Google Pagespeed (Tersedia untuk Apache dan Nginx). Dengan menggunakan Google Pagespeed akan memberikan 4 keuntungan mendasar sekaligus yang umum dibutuhkan pada sebuah website untuk meningkatkan performanya, yaitu :
1. Auto Minify Javascript.
2. Auto Minify CSS.
3. Auto Minify HTML.
4. Auto Compress PNG/JPG.

Karena dibutuhkan konfigurasi lebih lanjut di sisi server, maka tools ini kurang banyak digunakan oleh pengguna WordPress jika dibandingkan dengan cache tools model plugin yang memiliki kemudahan konfigurasi lewat beranda Administrator WordPress.

Namun Anda tidak perlu khawatir, secara default Google Pagespeed sudah memberikan fitur hapus cache yang dapat diakses melalui laman Pagespeed Admin dan telah kami aktifkan.

Cara Menghapus Cache

Untuk mempermudah penghapusan cache, Anda cukup mengakses URL Cache Purge pada laman Pagespeed Admin sebagaiman berikut ini (Sesuaikan dengan alamat URL Anda) :

https://domainanda.com/pagespeed_admin/cache#purge_cache

Google Pagepseed Cache

Pada laman Console Purge Cache di atas terdapat form URL yang dapat Anda isikan beserta dua opsi Purge Cache, Purge Individual URL dan Purge Entire Cache.

Opsi pertama, hapus cache secara individual. Masukkan spesifik alamat URL, sebagai contoh https://domainanda.com/contohartikel.html kemudian klik Purge Individual URL.

Opsi kedua, hapus cache secara keseluruhan. Masukkan alamat URL https://domainanda.com kemudian klik Purge Entire Cache. Tahap ini akan menghapus cache dikeseluruhan laman website.

PageSpeed Release Notes

Sampai dengan artikel ini dipublish, Module Google Pagespeed yang kami gunakan adalah versi stabil terakhir (Release 1.13.35.2-stable). Anda bisa cek untuk rilisnya melalui tautan berikut :

https://www.modpagespeed.com/doc/release_notes

Kepada mitra kami, untuk melakukan pengecekan versi Google Pagespeed yang dipakai dapat dilihat pada directory /root, kemudian ketik # ls untuk melihat versi yang dipakai dengan penamaan directory : ngx_pagespeed-1.13.35.2-stable.

Catatan : Kami menamai directory module Google Pagespeed sesuai versi yang diinstall.

Pengecualian

Pengecualian ini kami buat untuk keperluan update dan upgrade Module Google Pagespeed, layanan upgrade ke versi terbaru akan kami informasikan terlebih dahulu melalui email sebelum upgrade kami lakukan tanpa ada biaya tambahan untuk pengguna layanan Linux Server Management.

Untuk pengguna layanan Non Linux Server Management, kami kenakan biaya upgrade module Google Pagespeed. Silahkan kontak melalui WhatsApp atau melalui twitter

4 thoughts on “Hapus Cache Pada Google Pagespeed”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *