Hapus Indeks Tak Diperlukan Di Google Search

Sebagian besar mungkin pernah mendapati laman Error 404 dari hasil pencarian di Google Search pada saat googling, error ini disebabkan laman yang Anda minta tidak ditemukan karena URL Permalink telah berubah atau URL Permalink telah dihapus.

Bagi pemilik situs tentu ini kurang baik, istilahnya mubazir (Sia-sia). Jika banyak terjadi laman error maka traffic menjadi tidak tertarget pada konten yang ingin ditargetkan terlebih lagi jika link error tersebut merupakan konten Branding. Selain itu alokasi bandwith juga tetap berjalan untuk proses Crawl pada laman error dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi laman Error 404 tersebut ada beberapa opsi yang bisa dilakukan, opsi meredirect laman error menuju laman yang sudah dimodifikasi atau menghapus link error dari indeks Google.

Kali ini kita pilih opsi menghapus dari indeks Google. Kenapa, agar tidak terjadi dua kali proses crawl pada link error dan link yang diupdate. Pertimbangan lain, indek Google terhadap laman error tersebut tidak bermanfaat untuk pengunjung situs.

Jadi laman error nantinya tidak akan ditampilkan lagi pada hasil pencarian Google, dan sifatnya dihapus secara permanen.

Untuk memulainya, silahkan masuk ke laman Search Console terlebih dahulu dan selanjut kita akan cari daftar link apa saja yang mengalami error.

Silahkan pilih Crawl, lalu klik Crawl Errors. Maka akan ditampilkan daftar link error, kemudian klik pada link tersebut seperi tampak pada gambar berikut :

Crawl Error

Copy link error tersebut kemudian klik Mark as Fixed.

Mark As Fixed

Selanjutnya kita akan meminta penghapusan link error pada Google Indeks, pilih menu Google Index kemudian pilih lagi Remove URLs.

Remove URL

Jika sudah berada pada laman Remove URLs, klik Temporary hide lalu pastekan link error yang sudah dicopy tadi tanpa domain awal, jika pada contoh ini yang dipastekan adalah :

atasi-gagal-update-google-web-designer-di-ubuntu-14-04-lts/

Selanjutnya lakukan Submit Request dengan opsi Request type dibiarkan default saja.

Submit Request

Langkah terakhir adalah mencegah Googlebot melakukan Crawl kembali pada link yang mengalami error tadi dan secara otomatis link error akan terhapus dari Google Indeks secara permanen.

Silahkan tambahkan Disallow: /linkYangAkanDihapus/ pada berkas Robots.txt Anda, jika pada contoh akan seperti ini :

User-agent: *
Disallow: /atasi-gagal-update-google-web-designer-di-ubuntu-14-04-lts/

Demikian cara hapus indeks tak diperlukan di Google Search, gunakan juga cara ini untuk menghapus laman-laman lainnya yang tidak ingin ditampilkan pada Indeks Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *