Membangun Backlink Komentar Yang Bijaksana

Dalam dunia internet marketing ada pattern menarik untuk diulas dikalangan internet marketer pemula manakala sebuah website telah berhasil dibangun, mereka mempunyai kecenderungan tidak produktif dalam menghasilkan konten produk. Dan mudah ditebak yang menjadi penyebabnya, kebanyakan kurang memahami pentingnya organic traffic serta juga kurang sabar, sehingga fokus mereka sudah langsung mengarah pada langkah optimasi website di Google Search Engine.

Harapannya cuma satu, yaitu dapat menempati posisi terbaik di laman pertama pencarian Google dengan maksud dapat menjaring trafik sebanyak mungkin meskipun hanya mengandalkan dua, tiga atau empat artikel saja.

Selanjutnya apa yang terjadi ?

Mayoritas menginginkan website supaya dapat menempati posisi perangkingan terbaik di pencarian Google dengan cepat, namun seringnya mengesampingkan pedoman kualitas Google. Maka langkah instan yang mudah ditempuh dan murah adalah dengan membangun backlink sebanyak-banyaknya, dimulai dari submit URL ke beberapa web directory, URL Submission sampai dengan membombardir blog lain dengan komentar spam. Semua dilakukan demi ambisi dapat menempati posisi yang diinginkan tersebut.

Sebenarnya kebiasaan seperti ini tidak menguntungkan untuk website Anda, malah justru mempunyai dampak buruk, imbasnya akan sampai kepada deindeks oleh Google Search.

Saran kami untuk website baru, mulailah fokus untuk produktif menghasilkan konten yang berkualitas saja terlebih duhulu khusus untuk bisnis Anda. Ini sangat penting karena :

  1. Konten original yang mempunyai isi solusi yang dibutuhkan oleh audien Anda tanpa backlink pun bisa masuk menduduki peringkat pertama di laman pertama Google Search.
  2. Semakin banyak konten semakin banyak hasil pengindekan untuk website Anda, artinya peluang mendatangkan traffic secara organik akan semakin mudah tercapai dibandingkan jika Anda hanya mengandalkan satu atau dua konten saja lalu mengoptimasinya.
  3. Reputasi website Anda akan baik dihadapan pemilik website lain maupun Google Search Engine karena mengedepankan originalitas, solusi dan bersih dari label we spamer.
  4. Dan masih banyak lainnya.

Setelah Anda produktif dalam menghasilkan konten yang berkualitas, maka selanjutnya menjadi layak untuk mengoptimasi konten-konten tersebut. Tidak usah berlebihan dan terlalu mematok target jumlah backlink yang harus didapatkan, seperlunya saja dan biarkan mengalir secara natural.

Namun perlu juga Anda pertimbangkan unsur yang paling utama dalam membangun backlink dari komentar, unsur-unsur berikut ini dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk membangun backlink yang berkualitas dari komentar :

  1. Approved, agar komentar cepat diapproved, buat isi komentar Anda senatural mungkin. Komentar dapat berisi argumen yang mendukung topik, melengkapi ataupun menambahi dari ulasan. Pilih blog yang Dofolllow dan tidak perlu menanamkan Anchor text di dalam komentar tersebut, itu akan lebih mempercepat approved karena tidak masuk Spam komentar.
  2. Reputasi Domain, maksudnya cari backlink secara natural dari domain yang memiliki legalitas dan diprediksi memiliki umur yang panjang. Beberapa domain TLD dengan reputasi baik seperti .go.id co.id sch.id .mil.id .edu dan seterusnya dapat Anda jadikan pilihan. Ingat, selain memiliki reputasi yang baik, domain dari lembaga-lembaga tersebut dapat diprediksi akan berumur panjang berbanding lurus dengan lembaganya.

Itulah beberapa langkah sederhana yang dapat digunakan untuk membangun backlink komentar secara bijaksana, Anda dapat menambahkan poin-poin penting tersebut melalui komentar di bawah. Kontribusi Anda akan sangat bermanfaat untuk melengkapi ulasan di atas.

Sekali lagi “Bijaksana”, ingatlah sebagai content marketer fokus utama kita adalah produktif menghasilkan konten berkualitas untuk audiens/calon konsumen, mendistribusikan lalu bangun backlinknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *