Penerapan Tag Hreflang Untuk Regional dan Bahasa Indonesia

Untuk website yang mentargetkan pengunjung lokal (Customer) Indonesia, penggunaan tag hreflang pada website akan mempunyai dampak positif dalam rangka optimasi website di Google penelusuran. Atribut rel=”alternate” hreflang=”x” yang disematkan pada informasi header website Anda akan digunakan Google sebagai indikator untuk menyajikan hasil penelusuran yang benar dan akurat buat pengguna Google Search lokal (Google.co.id).

Selain untuk penelusuran lokal, penerapan tag hreflang juga baik untuk penargetan pengunjung global. Misal konten disediakan dalam bahasa Indonesia untuk pengguna di kawasan Negara tetangga yang mayoritas mengerti Bahasa Indonesia seperti : Malaysia, Brunei Darussalam, Timor Leste, Filipina, Singapore dan Australia. Tentu penerapan tag hreflang ini akan menambah manfaat buat website Anda.

Note : Selanjutnya, informasi resmi Google perihal penggunaan tag hreflang dapat Anda pelajari lebih detail pada : https://support.google.com/webmasters/answer/189077?hl=id

Sebelum memasang tag hreflang pada website Anda, ada baiknya sedikit mengikuti arahan pada tahapan-tahapan berikut untuk memudahkan Anda dalam menerapkannya.

Persiapan

Membuat tag hreflang terlebih dahulu dengan menggunakan batuan hreflang generator : https://www.aleydasolis.com/english/international-seo-tools/hreflang-tags-generator/

Tag Hreflang Generator

Isikan alamat URL Anda pada form “Add a valid URL like https://example.com, pilih opsi Bahasa yang digunakan pada website Anda (Select the Language of the URL) dan pilih tujuan Negara (Select Country of the URL).

Anda bisa menggunakan “ADD AN ADDITIONAL LANGUAGE/COUNTRY URL VERSION” dengan asumsi ingin menargetkan pengguna kawasan Asia Tenggara, khususnya negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Timor Leste, Singapore dan Australia.

Kemudian klik “GENERATE THE HREFLANG TAGS FOR THESE URLS” untuk mendapatkan tag hreflang sesuai dengan isian form yang Anda isikan.

Penerapan Tag Hreflang

Untuk memasang tag hreflang pada website cukup mudah, silahkan login ke WP Admin sebagai administrator kemudian gunakan fasilitas Editor pada menu Appearance.

Pilih Header.php pada themes yang Anda gunakan kemudian pastekan tag hreflang yang sudah Anda buat tadi ke dalam tag <head> seperti tampak pada contoh gambar berikut :

Editor

Note : Sebaiknya menggunakan Child Theme jika ingin memodifikasi Theme WordPress Anda untuk mengantisipasi kehilangan data jika dikemudian hari dilakukan Upgrade pada Theme Core.

Tes Validasi Tag Hreflang

Tahapan ini adalah untuk mengetahui tag hreflang yang telah disematkan pada tag <head> apakah sudah benar sesuai dengan keadaan website atau belum. Gunakan link hreflang checker validation tool berikut untuk mengeceknya :

http://hrefbuilder.com/hreflang-checker-validation-tool

Jika penerapan tag hreflang sudah benar, maka akan tampak seperti contoh gambar di bawah ini untuk report validasinya :

Tag Hreflang Validation Tool

Langkah terakhir adalah merubah target user untuk Negara Indonesia melalui menu International Targeting pada laman Search Console.

International Targeting

8 thoughts on “Penerapan Tag Hreflang Untuk Regional dan Bahasa Indonesia”

  1. Sesudah saya memasukkan script hasil generate, saya cek, ada isu "Hreflang tag and Content Language Tag are not same id-id != en-US" dengan status tanda seru.
    Bagaimana cara memperbaikinya ya….???

    1. Di atas sudah dicontohkan Mas, jika defaultnya Bahasa Indonesia dan ingin mentargetkan pengunjung yang berbahasa Indonesia di Australia berikut contohnya :

      link rel=”alternate” hreflang=”id-AU” href=”https://site.com/id-AU/page/”

      dan seterusnya tergantung target Global mana saja yg dikehendaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *