Request Indexing di Google Search Console

Tujuan utama dari Request Indexing di Google Search Console adalah untuk mempercepat proses pengindekan terhadap sebuah posting artikel baru tanpa menunggu Google Bot yang melakukan perambanan sendiri.

Cara ini merupakan cara manual, yaitu dengan masuk ke Dashboard Google Search Console kemudian kita meminta Google untuk mengindek laman yg kita inginkan dengan memasukkan sebuah permalink.

Kaitannya dengan itu, ulasan ini merupakan update serta pelengkap terbaru dari posting yang sebelumnya telah dipublished pada judul :

Terindeks Google Dalam Waktu 1×24 Jam

Mengapa update ini diperlukan ?

Tidak lain adalah karena laman Google Search Console mengalami pembaruan, fitur Request Indexing masih tetap ada namun penggunaanya berbeda dari versi sebelumnya. Maka penjelasan tersebut sangat diperlukan untuk memandu.

Untuk memulainya, silahkan login terlebih dahulu ke laman Dashboard Google Search Console dengan mengakses alamat https://www.google.com/webmasters menggunakan akun Gmail Anda.

Jika sudah berhasil login ke laman Dashboard Google Search Console, selanjutnya copy permalink dari posting artikel terbaru Anda dan pastekan pada Form Search (Inspect any URL), form terletak tengah paling atas, kemudian tekan enter hingga muncul laman URL Inspection seperti tampak pada gambar dibawah.

Request Indexing di Google Search Console

Selanjutnya untuk memulai proses permintaan pengindekan, klik REQUEST INDEXING seperti ditunjukkan oleh tanda panah merah pada gambar di atas. Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses Request Indexing semuanya selesai dilakukan.

Sudah tahu kan sekarang cara melakukan Request Indexing di Google Search Console ? dan sebagai saran tambahan, jikalau nanti Anda sudah mulai rutin update artikel dan terjadwal, maka cara manual ini tidak perlu lagi dilakukan lagi dengan pengecualian tetap dilakukan jika dalam beberapa minggu artikel dipastikan tak kunjung diindek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.