Seberapa Pentingkah Score SSL Untuk SEO ?

Sejak Google secara resmi mengumumkan penggunaan protokol HTTPS (SSL) sebagai rangking signal pada bulan Agustus tahun 2014 yang lalu, maka pilihan beralih dari HTTP ke HTTPS (Transport Layer Security) merupakan kesempatan Anda untuk mendapatkan peringkat lebih baik lagi di laman Google Result Page. Sebagaimana juga harapan Google agar para webmaster kedepan lebih banyak menggunakan SSL.

Informasi resminya dapat dibaca melalui tautan ini https://webmasters.googleblog.com/2014/08/https-as-ranking-signal.html

Poin penting dari penerapan TLS pada protokol HTTP tersebut adalah alasan faktor keamanan. Google ingin memastikan bahwa website yang diakses oleh pengunjung dari Google Search dalam keadaan aman.

Oleh Google, ada beberapa sebab umum yang menjadikan SSL dinilai penting, diantaranya adalah :

  1. Bentuk perlindungan dari ancaman bahaya.
  2. Google menghukum situs yang terindikasi malicious di mesin pencari, dengan SSL dapat melindungi website Anda dari phishing dan ancaman lainnya, sehingga situs dalam kondisi berstatus aman pada Google Safe Browsing serta menyingkirkan kekhawatiran dari pemblokiran.

    Baca juga :
    Keluar Dari Status Tidak Aman Google Safe Browsing

  3. Integritas Data.
  4. Penggunaan SSL juga akan memberikan jaminan bahwa data yang dikirimkan akan tetap utuh dan terenkripsi lewat sertifikat digital yang ditandatangani dan dikeluarkan oleh Otoritas Sertifikat (CA) seperti Comodo, Let’s Encrypt, Thawty, Geotrust dan lainnya atas kepemilikan Public Key Anda.

Namun untuk memastikan penerapan SSL betul-betul telah aman tentu perlu dilakukan pengujian terhadap instalasi dan konfigurasinya, untuk itu akan digunakan dua alat uji yaitu Ssllabs dan Security Header.

Silahkan gunakan tautan berikut ini untuk mengujinya :

Ssllabs -> https://www.ssllabs.com/ssltest/

Security Header -> https://securityheaders.com/

Ada 7 tipe score nantinya yang menunjukkan hasil dari pengujian, score dimulai dari yang terbaik sampai dengan yang terburuk (Level keamanan rendah), berikut tipe scorenya A+, A, B, C, D, E dan F.

Nantinya dari hasil pengujian tersebut akan ada parameter-parameter apa saja yang digunakan sebagai tolok ukur penilaiannya, silahkan lihat bagian deskripsi apa saja yang telah dipenuhi dan belum untuk parameternya, sehingga score SSL Anda memperoleh level terbaik (A+).

Dan sebagai contoh tolok ukur parameternya yang harus dipenuhi agar mendapatkan Score SSL A+, berikut Anda bisa melihat langsung hasil uji dari situs ini pada hasil link berikut :

Score A+ Ssllabs -> https://www.ssllabs.com/ssltest/analyze.html?d=ugemi.com

Score A+ Security Header -> https://securityheaders.com/?q=https%3A%2F%2Fugemi.com&followRedirects=on

Jadi dapat disimpulkan korelasinya antara score SSL dengan SEO berdasarkan Rangking Signal adalah semakin tinggi level keamanan situs Anda (Score SSL yang diperoleh) maka akan semakin tinggi pula dampak positif untuk perangkingan situs Anda di Google Result Page, yang berarti score SSL menjadi sangat penting peranannya untuk SEO dan Anda dituntut untuk wajib mendapatkan score terbaik.

About the Author: mr. ebs

Pegiat SEO, WordPress Performance Analyst dan Linux SysAdmin Freelance untuk berberapa perusahaan di Surabaya dan juga Client. Berkarir dibidang TI tahun 2012 hingga saat ini, dan dengan pengalaman matang telah menghantarkan saya mendapat kepercayaan dari client untuk menyelesaikan berbagai persoalan SEO, Performa WordPress hingga Linux Server Management. Saya terbuka untuk dihubungi oleh siapapun, silahkan japri via akun twitter @misterebs_

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *