Verifikasi Kepemilikan Website di Google Search Console

Bicara SEO serasa tidak akan pernah lengkap dan sah jika belum membahas dan melakukan verifikasi kepemilikan website di Google Search Console.

Seperti dilansir dari laman Pusat Bantuan Search Console, verifikasi merupakan proses pembuktian dari klaim kepemilikan sebuah website yang Anda miliki. Ini sangat berguna untuk akses data ke Google Search dan dapat mempengaruhi keberadaan website Anda di Google Search.

Silahkan baca dokumentasinya pada tautan ini https://support.google.com/webmasters/answer/9008080

Jadi keterangan ini semakin menguatkan betapa pentingnya melakukan verifikasi kepemilikan website di Google Search Console sekaligus mematahkan argumen yang sampai saat ini masih ada yang beranggapan bahwa :

Verifikasi tak perlu dilakukan saja websitenya sudah bagus rankingnya di Google Search, yang terpenting adalah bagaimana caranya mendominasi Google Search untuk produknya

Sebagaimana yang disampaikan oleh salah satu Pembicara Internet Marketing Indonesia disaat sesi tanya jawab oleh perwakilan kami pada salah satu kelas Workshop Internet Marketing yang beliau adakan.

Ada beberapa metode untuk melakukan verifikasi yang diizinkan Google, diantaranya : HTML file upload, HTML tag, DNS Record, Google Analytics dan Google Tag Manager.

Namun sebagi pertimbangan pembaruan laman Google Search Console terbaru sekaligus update dari judul posting kami sebelumnya tentang Terindeks Google Dalam Waktu 1×24 Jam, maka akan digunakan metode verifikasi dengan DNS Record.

Pertama, menambahkan properti. Klik ADD Property pada tab pilihan property yang terletak dibawah Title Google Search Console seperti tampak pada gambar dibawah.

ADD Property

Kedua, memilih tipe properti yang akan digunakan untuk proses verifikasi. Pada tahap ini silahkan pilih tipe Domain, masukkan alamat domain Anda kemudian tekan CONTINUE.

Select Property Type

Ketiga, copy kode verifikasi kemudian tambahkan konfigurasi pada DNS Record untuk kode
tersebut dengan format :

Type = TXT
Name = domainsaya.com
Value = google-site-verification=ThI8tqHgn7wv7j8g29i4gKWH9LT374bjQyQ-IoPEAXA
TTL = Automatic

Jika sudah diisikan form Type, Name dan Value-nya, selanjutkan tambahkan recordnya sebagaimana tampak pada penjelasan gambar di bawah.

DNS Record

Keempat, merupakan tahap terakhir dari serangkaian proses verifikasi dengan klik tombol
VERIFY setelah DNS Record berhasil ditambahkan.

Verify Domain Ownership Via DNS Record

Tidak terlalu sulit bukan ? Anda boleh melakukan verifikasi kepemilikan website di Google Search Console ataupun tidak, itu bebas saja. Namun berkaitan dengan kepentingan website Anda kami sarankan untuk melakukan verifikasi kepemilikan untuk hasil dan data yang dapat dipertanggungjawabkan di Google Search.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *